Rabu, 10 April 2013

Terpesona dengan akhlak Nabi shalallahu 'alaihi wasallam



Muqoddimah
إنّ الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيّئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أنّ محمدا عبده ورسوله
{يا أيّها الذين آمنوا اتقوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ ولا تَمُوتُنَّ إلاَّ وأَنتُم مُسْلِمُونَ}
{يا أيّها الناسُ اتّقُوا ربَّكمُ الَّذي خَلَقَكُم مِن نَفْسٍ واحِدَةٍ وخَلَقَ مِنْها زَوْجَها وبَثَّ مِنْهُما رِجالاً كَثِيراً وَنِساءً واتَّقُوا اللهََ الَّذِي تَسَائَلُونَ بِهِ والأَرْحامَ إِنَّ اللهَ كان عَلَيْكُمْ رَقِيباً }
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمالَكمْ ويَغْفِرْ لَكمْ ذُنوبَكُمْ ومَن يُطِعِ اللهَ ورَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً}
أما بعد،فإن أصدق الحديث كلام الله وخير الهدي هدي محمد وشر الأمور محدثاتها وكلّ محدثة بدعة ، وكل بدعة ضلالة ، وكل ضلالة في النار .

Ketinggian akhlak Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam
Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam adalah peribadi yang luar biasa, Allah ta'ala menyebut Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam sebagai menusia yang berbudi pekerti luhur.
وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ
Sungguh engkau (Muhammad) berada di atas tataran akhlak yang tinggi, agung. (Al Qur’an, Al-Qalam 68:4)
Dalam beberapa riwayat di sebutkan, dari Abu Hurairah radiallahu "anhu bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:
إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ
“Sungguh aku diutus menjadi Rasul tidak lain adalah untuk menyempurnakan akhlak yang saleh (baik).” (HR. al-Imam Ahmad dalam al-Musnad (2/381 al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad (no. 273) dan at-Tarikhul Kabir (7/188), al-Hakim dalam al-Mustadrak (2/613), al-Qudha’i dalam Musnad asy-Syihab (no. 1165), Ibnu Abi ad-Dunya dalam Makarimul Akhlaq (no. 13) dan lain lain). Pada sebagian riwayat:
لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْأَخْلَاقِ
“Untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.”
Ketika ummul mu'minin Aisyah radiallahu "anha di tanya tentang akhlaknya Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam maka beliau menjawab:
كاَنَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ
“Akhlak Rasulullah n adalah al-Qur’an.” (HR. Muslim)
Dan banyak lagi dalil dalil yang menunjukan akan ketinggian akhlak Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam.
Dan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam. diutus oleh Allah untuk mengajari akhlak yang paling mulia kepada manusia.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا
“Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah ia yang memiliki akhlak terbaik. Yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya kepada pasangannya.” (Hadits riwayat Tirmidzi)
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ الْمُؤْمِنَ يُدْرِكُ بِحُسْنِ خُلُقِهِ دَرَجَاتِ قَائِمِ اللَّيْلِ صَائِمِ النَّهَارِ
‘Aisyah – semoga Allah meridhainya – berkata, “Aku mendengar Nabi – shallallaahu ‘alaihi wassalaam – berkata, sungguh orang-orang yang beriman dengan akhlak baik mereka bisa mencapai (menyamai) derajat mereka yang menghabiskan seluruh malamnya dalam sholat dan seluruh siangnya dengan berpuasa.” [Musnad Imam Ahmad]
عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْ شَيْءٍ يُوضَعُ فِي الْمِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الْخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلَاةِ
Abu Darda’ meriwayatkan: Aku mendengar Nabi Muhammad saw berkata, “Tak ada yang lebih berat pada timbangan (Mizan, di hari Pembalasan) dari pada akhlak yang baik. Sungguh, orang yang berakhlak baik akan bisa setara dengan mereka yang berpuasa dan sholat.” (Hadits riwayat al-Tirmidzi)
Dan Allah ta'ala telah menjadikan beliau shalallahu 'alaihi wasallam satu satunya teladan setelah di utusnya beliau menjadi nabi dan rasul sampai hari kiamat. Allah ta'ala berfirman:
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (al-Ahzab: 21)
Mudah mudahan kita termasuk orang yang meneladani akhlak Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam. Amin..

Terpesona dengan akhlak Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Telah banyak kisah-kisah yang kita baca dan dengar yang bisa kita ambil pelajaran yang sangat agung, tentang menusia-manusia terbaik umat ini dari kalangan sahabat-sahabat Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, dan orang orang yang mengikuti mereka dengan baik, bahkan para malaikat sekalipun, tentang keteladanan mereka di dalam meraih kecintaan kepada Rasulullah  shalallahu 'alaihi wasallam. diantara kisah kisah tersebut:

1. Kecintaan malaikat Jibril dan Mikail ‘alaihimas salam kepada Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
2. Kecintaan mailaikat penjaga gunung terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya dia pernah bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Apakah Anda pernah melewati (merasakan) suatu hari yang lebih berat dibandingkan hari perang Uhud?”. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab,
لَقَدْ لَقِيتُ مِنْ قَوْمِكِ مَا لَقِيتُ وَكَانَ أَشَدَّ مَا لَقِيتُ مِنْهُمْ يَوْمَ الْعَقَبَةِ إِذْ عَرَضْتُ نَفْسِي عَلَى ابْنِ عَبْدِ يَالِيلَ بْنِ عَبْدِ كُلَالٍ فَلَمْ يُجِبْنِي إِلَى مَا أَرَدْتُ فَانْطَلَقْتُ وَأَنَا مَهْمُومٌ عَلَى وَجْهِي فَلَمْ أَسْتَفِقْ إِلَّا وَأَنَا بِقَرْنِ الثَّعَالِبِ فَرَفَعْتُ رَأْسِي فَإِذَا أَنَا بِسَحَابَةٍ قَدْ أَظَلَّتْنِي فَنَظَرْتُ فَإِذَا فِيهَا جِبْرِيلُ فَنَادَانِي فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ قَدْ سَمِعَ قَوْلَ قَوْمِكَ لَكَ وَمَا رَدُّوا عَلَيْكَ وَقَدْ بَعَثَ إِلَيْكَ مَلَكَ الْجِبَالِ لِتَأْمُرَهُ بِمَا شِئْتَ فِيهِمْ فَنَادَانِي مَلَكُ الْجِبَالِ فَسَلَّمَ عَلَيَّ ثُمَّ قَالَ يَا مُحَمَّدُ فَقَالَ ذَلِكَ فِيمَا شِئْتَ إِنْ شِئْتَ أَنْ أُطْبِقَ عَلَيْهِمْ الْأَخْشَبَيْنِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَلْ أَرْجُو أَنْ يُخْرِجَ اللَّهُ مِنْ أَصْلَابِهِمْ مَنْ يَعْبُدُ اللَّهَ وَحْدَهُ لَا يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا
"Sungguh aku banyak merasakan gangguan (perlakuan jahat) dari kaummu. Dan gangguan paling berat yang datang dari mereka adalah ketika kejadian pada hari Al-Aqabah ketika aku menawarkan diriku kepada Ibnu ‘Abdi Yalil bin ‘Abdi Kulal namun dia tidak mau memenuhi keinginanku. Lalu aku pergi dengan wajah sedih, aku tidak sadar kecuali aku telah berada di Qarnu ats-Tsa’aalib. Aku mengangkat kepalaku ternyata aku berada di bawah awan yang menaungiku, dan ternyata di atasnya ada Jibril ‘alaihissalam, lalu dia memanggilku seraya berkata, “Sesungguhnya Allah mendengar ucapan kaummu terhadapmu dan apa bantahan mereka kepadamu. Dan Dia (Allah) telah mengutus kepadamu Malaikat penjaga gunung, untuk kamu perintahkan sesuai kehendakmu terhadap mereka. ”  Kemudian Malaikat penjaga gunung memanggilku, lalu memberi salam kepadaku kemudian berkata, “Wahai Muhammad, apa yang kamu inginkan katakanlah. Jika kamu ingin aku akan timpakan kepada mereka dua gunung Akhsyab (niscaya akan aku lakukan).” Maka Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam menjawab,  ” Tidak (aku tidak ingin itu), akan tetapi aku berharap kepada Allah bahwa akan terlahir dari tulang sulbi mereka orang-orang yang menyembah Allah semata dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.” (HR. Al-Bukhari no. 3059 dan Muslim no. 4754 dan redaksi ini ada dalam Shahih al-Bukhari).
3. Kecintaan Abu tholib kepada Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Diriwayatkan dari Al Fadhl bin Sahl Abul Abbas Al A’raj Al Baghdadi ia berkata, Abdurrahman bin Ghazwan Abu Nuh menuturkan kepadaku, Yunus bin Abi Ishaq mengabarkan kepadaku, dari Abu Bakr bin Abi Musa, dari Abu Musa Al Asy’ari radhiallahu’anhu, ia berkata:
خَرَجَ أَبُو طَالِبٍ إِلَى الشَّامِ ، وَخَرَجَ مَعَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَشْيَاخٍ مِنْ قُرَيْشٍ ، فَلَمَّا أَشْرَفُوا عَلَى الرَّاهِبِ هَبَطُوا ، فَحَلُّوا رِحَالَهُمْ , فَخَرَجَ إِلَيْهِمُ الرَّاهِبُ وَكَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ يَمُرُّونَ بِهِ , فَلَا يَخْرُجُ إِلَيْهِمْ وَلَا يَلْتَفِتُ ، قَالَ : فَهُمْ يَحُلُّونَ رِحَالَهُمْ فَجَعَلَ يَتَخَلَّلُهُمُ الرَّاهِبُ حَتَّى جَاءَ فَأَخَذَ بِيَدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : هَذَا سَيِّدُ الْعَالَمِينَ , هَذَا رَسُولُ رَبِّ الْعَالَمِينَ يَبْعَثُهُ اللَّهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ ، فَقَالَ لَهُ أَشْيَاخٌ مِنْ قُرَيْشٍ : مَا عِلْمُكَ ؟ فَقَالَ : إِنَّكُمْ حِينَ أَشْرَفْتُمْ مِنَ الْعَقَبَةِ لَمْ يَبْقَ شَجَرٌ وَلَا حَجَرٌ إِلَّا خَرَّ سَاجِدًا ، وَلَا يَسْجُدَانِ إِلَّا لِنَبِيٍّ , وَإِنِّي أَعْرِفُهُ بِخَاتَمِ النُّبُوَّةِ أَسْفَلَ مِنْ غُضْرُوفِ كَتِفِهِ مِثْلَ التُّفَّاحَةِ ، ثُمَّ رَجَعَ فَصَنَعَ لَهُمْ طَعَامًا فَلَمَّا أَتَاهُمْ بِهِ وَكَانَ هُوَ فِي رِعْيَةِ الْإِبِلِ , قَالَ : أَرْسِلُوا إِلَيْهِ , فَأَقْبَلَ وَعَلَيْهِ غَمَامَةٌ تُظِلُّهُ ، فَلَمَّا دَنَا مِنَ الْقَوْمِ وَجَدَهُمْ قَدْ سَبَقُوهُ إِلَى فَيْءِ الشَّجَرَةِ ، فَلَمَّا جَلَسَ مَالَ فَيْءُ الشَّجَرَةِ عَلَيْهِ ، فَقَالَ : انْظُرُوا إِلَى فَيْءِ الشَّجَرَةِ مَالَ عَلَيْهِ ، قَالَ : فَبَيْنَمَا هُوَ قَائِمٌ عَلَيْهِمْ وَهُوَ يُنَاشِدُهُمْ أَنْ لَا يَذْهَبُوا بِهِ إِلَى الرُّومِ ، فَإِنَّ الرُّومَ إِذَا رَأَوْهُ عَرَفُوهُ بِالصِّفَةِ فَيَقْتُلُونَهُ ، فَالْتَفَتَ , فَإِذَا بِسَبْعَةٍ قَدْ أَقْبَلُوا مِنَ الرُّومِ فَاسْتَقْبَلَهُمْ ، فَقَالَ : مَا جَاءَ بِكُمْ ؟ قَالُوا : جِئْنَا إِنَّ هَذَا النَّبِيَّ خَارِجٌ فِي هَذَا الشَّهْرِ , فَلَمْ يَبْقَ طَرِيقٌ إِلَّا بُعِثَ إِلَيْهِ بِأُنَاسٍ , وَإِنَّا قَدْ أُخْبِرْنَا خَبَرَهُ بُعِثْنَا إِلَى طَرِيقِكَ هَذَا ، فَقَالَ : هَلْ خَلْفَكُمْ أَحَدٌ هُوَ خَيْرٌ مِنْكُمْ ؟ قَالُوا : إِنَّمَا أُخْبِرْنَا خَبَرَهُ بِطَرِيقِكَ هَذَا ، قَالَ : أَفَرَأَيْتُمْ أَمْرًا أَرَادَ اللَّهُ أَنْ يَقْضِيَهُ هَلْ يَسْتَطِيعُ أَحَدٌ مِنَ النَّاسِ رَدَّهُ ؟ قَالُوا : لَا ، قَالَ : فَبَايَعُوهُ وَأَقَامُوا مَعَهُ ، قَالَ : أَنْشُدُكُمْ بِاللَّهِ أَيُّكُمْ وَلِيُّهُ ، قَالُوا : أَبُو طَالِبٍ فَلَمْ يَزَلْ يُنَاشِدُهُ حَتَّى رَدَّهُ أَبُو طَالِبٍ ، وَبَعَثَ مَعَهُ أَبُو بَكْرٍ بِلَالًا وَزَوَّدَهُ الرَّاهِبُ مِنَ الْكَعْكِ وَالزَّيْتِ
“Abu Thalib pergi ke Syam dan Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam pergi dengannya bersama dengan pembesar-pembesar kaum Quraisy. Ketika mereka menjumpai seorang rahib, mereka singgah dan berhenti dari perjalanan mereka. Lalu seorang Rahib pun keluar menemui mereka. Padahal biasanya pada waktu-waktu sebelum itu, rahib tersebut tidak pernah keluar dan tidak peduli ketika mereka melewatinya.
Abu Musa berkata; “Lalu mereka meletakkan perbekalan mereka, kemudian Rahib itu membuka jalan hingga mereka sampai di hadapannya. Lalu ia memegang tangan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sambil berkata: “Anak ini akan menjadi penghulu semesta alam, anak ini akan menjadi Rasul dari Rabbul ‘Alamin yang akan di utus oleh Allah sebagai rahmat bagi seluruh alam”.
Maka pembesar Quraisy berkata: “Dari mana Anda tahu hal itu?”. Rahib menjawab: “sebenarnya semenjak kalian tiba di ‘Aqabah, tidak ada bebatuan dan pepohonan melainkan mereka bersimpuh  sujud, dan mereka tidak sujud melainkan kepada seorang Nabi. Selain itu, aku juga dapat mengetahui dari stempel kenabian yang berada di bagian bawah tulang rawan bahunya yang mirip seperti buah apel”.
Kemudian Rahib itu kembali ke dalam dan menyiapkan makanan. Ketika Rahib mendatangi rombongan, Nabi sedang berada diantara unta-unta. Rahib itu berkata: “tolong utuslah beberapa orang untuk menjemputnya dari sana”. Maka kemudian Nabi datang dengan dinaungi sekumpulan awan di atas beliau. Ketika Rahib mendekati rombongan, ia temukan mereka tengah berebutan mencari naungan dari bayang-bayang pohon. Anehnya ketika Nabi duduk, justru bayang-bayang pohon itu menaungi beliau. Kontan si Rahib mengatakan: ‘coba kalian perhatikan, bayang-bayang pohon justru menaunginya’.
Abu Musa berkata, ketika sang rahib berdiri menghadap rombongan, ia memberi peringatan agar rombongan tidak meneruskan perjalanan ke Romawi. Sebab jika mereka melihatnya, tentu mereka akan mengetahuinya dengan tanda-tandanya itu, dan mereka akan membunuhnya’. Ketika sang rahib menoleh, ternyata ada tujuh orang yang baru datang dari Romawi dan menemui rombongan. Rahib bertanya kepada mereka: ‘apa yang membuat kalian datang kemari?’. Rombongan itu menjawab: ‘Begini, kami berangkat karena ada seorang nabi yang diutus bulan ini. Oleh karena itu tak ada rute jalan lagi melainkan pasti diutus beberapa orang untuk mencarinya. Dan kami diberi tahu bahwa ia akan ditemui di rute ini’. Si rahib lantas bertanya: ‘Apakah dibelakang kalian ada rombongan lain yang lebih baik dari kalian?’. Mereka menjawab: ‘hanya kami yang diberi tahu bahwa ia akan ditemui di rute ini’. Si rahib bertanya lagi: ‘Menurut kalian, jika Allah berkeinginan untuk memutuskan sesuatu adakah orang yang dapat menolaknya? Mereka berkata: ‘Tentu tidak ada’. Selanjutnya rombongan dari Romawi itu berbaiat kepada si rahib dan tinggal bersamanya.
Rahib bertanya: ‘Saya nasehatkan kalian untuk berpegang pada Allah, namun siapa walinya anak ini?’. Rombongan Quraisy menjawab: ‘Abu Thalib’. Si rahib tiada henti-hentinya menasehati Abu Thalib hingga ia mau mengembalikan Nabi ke Mekkah. Abu Bakar juga memerintahkan Bilal untuk menemaninya, sedangkan si rahib memberinya bekal berupa kerupuk dan minyak” 
Hadits ini dikeluarkan oleh At Tirmidzi dalam Jami’-nya (3583), Al Hakim dalam Al Mustadrak (4167), Al Baihaqi dalam Dalail An Nubuwwah (386), Ibnu ‘Asakir dalam Tarikh Dimasyqi (811), Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya (35852), dan beberapa huffadz yang lain.
4. Kecintaan Istri tercintanya khodijah radiallahu 'anha terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
 “Sebaik-baik wanita pada jamannya adalah Maryam putri Imran dan sebaik-baik wanita dari umatnya adalah Khadijah.” (HR. Bukhari Muslim).
Jika ada perempuan yang mampu membuat Aisyah cemburu besar, maka ia adalah Khadijah. Jika ada perempuan yang mampu membuat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam  mengingatnya sepanjang waktu bahkan ketika beliau dengan isteri-isterinya, maka Khadijah lah orangnya, dan dengan Khadijah lah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bermonogami.
Imam Bukhari rahimahullah menuturkan dalam Sahihnya bagaimana kecintaan  khodijah radiallahu 'anha terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam :
Yahya bin Bukair menuturkan kepada kami. Dia berkata: al-Laits menuturkan kepada kami, dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah bin Zubair, dari ‘Aisyah Ummul Mukminin. Beliau berkata: Wahyu yang pertama-tama datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah berupa mimpi baik ketika tidur. Ketika itu, tidaklah beliau bermimpi kecuali tampak seperti terangnya pagi. Kemudian beliau mulai senang untuk menyendiri. Pada waktu itu beliau suka menyendiri di gua Hira’ dan melakukan tahannuts di sana -yaitu beribadah- selama beberapa malam sebelum akhirnya beliau pulang kepada keluarganya. Beliau pun telah menyiapkan bekal untuk itu. Kemudian beliau pulang menemui Khadijah dan membawa bekal untuk kembali ke sana. Sampai suatu ketika datanglah kebenaran itu pada saat beliau berada di dalam gua Hira’. Malaikat datang kepadanya dan berkata, “Bacalah.” Beliau menjawab, “Aku tidak bisa membaca.” Beliau menceritakan: Maka dia pun merengkuh badanku dan meliputi diriku hingga aku merasa tertekan. Lalu dia pun melepaskanku seraya berkata, “Bacalah.” Aku katakan, “Aku tidak bisa membaca.” Lalu dia kembali merengkuh badanku dan meliputi diriku untuk kedua kalinya hingga aku merasa tertekan. Lalu dia pun melepaskanku seraya berkata, “Bacalah.” Aku katakan, “Aku tidak bisa membaca.” Lalu dia kembali merengkuh badanku dan meliputi diriku untuk ketiga kalinya lalu dia melepaskanku. Dia pun berkata, “Bacalah, dengan nama Rabbmu yang telah menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmu yang paling mulia.” Maka setelah kejadian itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun pulang dalam keadaan hatinya diliputi rasa takut. Lalu beliau masuk menemui Khadijah binti Khuwailid radhiyallahu’anha, beliau berkata, “Selimutilah aku, selimutilah aku.” Maka dia pun menyelimuti beliau hingga lenyaplah rasa takut darinya. Lalu beliau pun menceritakan berita kejadian itu kepada Khadijah, dan beliau berkata, “Aku khawatir terhadap keadaan diriku.” Khadijah pun berkata,
كَلَّا أَبْشِرْ فَوَاللَّهِ لَا يُخْزِيكَ اللَّهُ أَبَدًا فَوَاللَّهِ إِنَّكَ لَتَصِلُ الرَّحِمَ وَتَصْدُقُ الْحَدِيثَ وَتَحْمِلُ الْكَلَّ وَتَكْسِبُ الْمَعْدُومَ وَتَقْرِي الضَّيْفَ وَتُعِينُ عَلَى نَوَائِبِ الْحَقِّ
Sekali-kali tidak. Bergembiralah. Demi Allah, Allah tidak akan pernah menghinakanmu selama-lamanya. Demi Allah, sungguh engkau adalah penyambung silaturrahmi, jujur dalam berkata, mau menanggung beban penderitaan orang lain, menyantuni pihak yang kekurangan, memulyakan tamu, suka menolong
Maka Khadijah pun membawa beliau untuk bertemu dengan Waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdul ‘Uzza. Dia adalah anak paman Khadijah. Dia adalah orang yang memeluk ajaran Nasrani di masa Jahiliyah. Dia pandai menulis kitab dengan bahasa Ibrani, maka dia pun suka menulis Kitab Injil dengan bahasa Ibrani sebagaimana yang dia kehendaki. Dia adalah orang yang sudah tua renta dan buta. Khadijah berkata kepadanya, “Wahai putra pamanku. Dengarkanlah cerita dari putra saudaramu ini.” Lalu Waraqah pun bertanya kepada beliau, “Wahai anak saudaraku, apa yang telah kamu lihat?”. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengabarkan kepadanya berita tentang apa yang telah dilihatnya. Waraqah pun berkata kepadanya, “Ini adalah Namus yang Allah turunkan kepada Musa. Aduhai, seandainya saja pada saat itu aku masih muda perkasa. Seandainya aku masih hidup pada saat kaummu mengusirmu.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bertanya, “Apakah mereka akan mengusirku?”. Dia menjawab, “Ya. Tidaklah ada seorang lelaki pun yang datang membawa ajaran sebagaimana yang kamu bawa kecuali dia pasti dimusuhi. Dan apabila aku masih bisa menjumpai hari itu niscaya aku akan membelamu dengan sekuat tenagaku.” Tidak lama setelah peristiwa itu Waraqah pun meninggal dan terhentilah wahyu untuk sementara waktu (HR. Bukhari no. 3, diriwayatkan juga pada hadits no. 3392, 4953, 4955, 4956, 4957, dan 6982)
5. Kecintaan sahabat Hamzah radiallahu 'anhu terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Pada suatu hari, Abu Jahal berjalan melewati Rasulullah Muhammad ketika ia berada di Safa. Pada saat bertemu muka, ia pun mulai mencaci, memaki dan melampiaskan amarahnya kepada rasul. Meski demikian, Muhammad tidak menanggapi semua perilaku Abu Jahal.
Usai menumpahkan segala amarahnya, Abu Jahal bergegas bergabung dalam pertemuan petinggi Quraiys. Tanpa sepengetahuannya, tindakan Abu Jahal diketahui oleh seorang wanita, budak Jud’an bin Amir. Tak lama berselang terlihat Hamzah memasuki Makkah dengan busur di bahunya, usai berburu menuju ke arah Ka’bah. Rekan Abu Jahal melihat itu langsung bergegas untuk mengingatkan Abu Jahal bahwa Hamzah telah datang dari berburu dan khawatir akan mendengar perlakuan Abu Jahal terhadap keponakannya.
Menjadi kebiasaan Hamzah, setelah berburu ia pergi ke Baitullah untuk berthawaf, sebelum ia kembali ke keluarganya. Hari-hari sebelumnya pabila telah selesai melakukan thawaf dan melewati balai pertemuan orang Qurays maka ia mengucapkan salam dan ngobrol bersama mereka. Memang Hamzah adalah anak muda yang disegani di kalangan orang Qurays.
Setelah melihat Hamzah, budak wanita Jud’an bin Amir menghampirinya dan mengisahkan apa yang dilakukan Abu Jahal kepada Rasulullah SAW. Maka budak itu berkata mengadu:
“Wahai Abu Umarah (sebutan bagi Hamzah), seandainya saja engkau tadi melihat apa yang diperbuat oleh Abul Hakam (sebutan Abu Jahal) terhadap keponakanmu Muhammad! Abu Jahl bertemu beliau di Shafa kemudian ia mengganggu, mencaci makinya dan melakukan hal-hal yang tidak beliau sukai. Setelah itu ia pergi dan Muhammad tidak menyahuti omongannya sedikit pun”.
Amarah menjalar ke seluruh tubuhnya setelah mendengarkan kisah wanita itu. Bergegas ia mencari Abu Jahal. Ia telah menetapkan niat untuk menghajar dan memberi pelajaran kepada Abu Jahal. Ketika Hamzah masuk masjid, ia melihat Abu Jahl sedang duduk bersama orang-orang Qurays. Hamzah pun berjalan ke arahnya.
Sesampainya di hadapan Abu Jahal, langsung saja Hamzah memukulkan busurnya ke kepala Abu Jahal. Darah segar pun mengucur. Tak hanya itu, ia pun memukul tubuh lawannya hingga babak belur dan tersungkur. Hamzah tetap berdiri gagah di hadapan petinggi Quraiys itu.
Ia berkata: “Apakah Engkau mencaci maki keponakanku padahal aku seagama dengannya, dan aku berkata seperti yang ia katakan? Silakan balas jika engkau sanggup!
Melihat kondisi ini beberapa orang dari bani Makhzum mendekat kepada Hamzah untuk menolong Abu jahal. Namun Abu Jahal berkata: ” biarkanlah Abu Umarah.” Demi Allah, aku telah menghina keponakannya dengan penghinaan yang buruk.” Perbuatan yang dilakukan Hamzah ini sekaligus sebagai pernyataan tentang masuk Islamnya beliau dan mengikuti Rasulullah.
Para petinggi Quraiys saling pandang. Semula mereka akan menentang Hamzah atas perlakuannya terhadap Abu Jahal. Namun mereka pun rupanya takut dan akhirnya kembali duduk di masjid. Beberapa saat kemudian ia menendang debu ke arah muka para petinggi Quraiys itu, dan meninggalkan tempat itu.( Majma Az zawaid 9/267, AL Hakim 3/192)
6. Kecintaan sahabat Addas  radiallahu 'anhu terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Suatu hari, nabi shalallahu 'alaihi wasallam berangkat ke Tha`if guna menyeru orang-orang di kota itu untuk masuk Islam, tapi kehadiran nabi shalallahu 'alaihi wasallam ternyata tak disambut hangat, justru disambut dengan cercaan, hinaan dan bahkan sempat diusir dari kota itu karena penduduk di sana tutup telinga. Dengan kata lain, penduduk kota Tha`if tidak ingin mendengarkan kebenaran yang disampaikan oleh Rasulullah. Karena tidak diterima, maka rasul hendak meninggalkan kota Tha`if. Ketika nabi Muhammad berniat mau pergi meninggalkan Tha`if, banyak orang justru berdiri di sepanjang jalan yang dilewati oleh rasul. Selanjutnya, penduduk kota Tha`if itu melengkapi penderitaan nabi dengan kejam; melempari batu sehingga kaki nabi berdarah hingga tidak kuat berjalan. Nabi jatuh terduduk dan tidak kuat lagi berjalan karena kaki nabi terluka parah. Meski tahu nabi terluka, orang-orang Tha`if justru ramai-ramai berteriak dan menyuruh nabi berjalan terus agar segera meninggalkan daerah Tha`if.

Dengan luka parah, nabi akhirnya ditinggalkan sendirian, dan bernaung di balik sebuah dinding rumah Utba bin Rabi’a. Pemilik kebun tempat Rasulullah beristirahat itu pun merasa kasihan ketika melihat nabi Muhammad dihina dan dicaci maki. Karena tersentuh sikap rasul yang tabah menghadapi perlakuan itu, membuat Utba takjub dan kemudian menaruh hormat kepada nabi sehingga mengutus Addas, budaknya (yang beragama Kristen) untuk memberikan seikat anggur kepada nabi. Nabi menerima anggur itu untuk melepas rasa lapar dan dahaga. Sebelum memakan anggur itu, nabi berucap, ”Bismillahirrahmanirrahim (Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Penyayang).”
Addas terbengong heran saat mendengar ucapan itu. Sebab dalam benaknya, orang-orang di Tha`if yang terhomat sekali pun tidak pernah mengucapkan kata-kata seperti itu. Karena heran, Addas pun menanyakan arti kalimat itu, kalimat yang barusan diucapkan oleh nabi. Nabi dengan rendah hati menjelaskan arti kalimat tersebut dan setelah itu menanyakan nama dan asal negeri budak kecil Utba itu berasal.
Budak kecil itu menjawab bahwa dia bernama Addas, seorang Kristen dari Nestorian. “Jadi, kamu itu dari negeri orang yang shaleh, Yunus putra Matta?” tanya nabi.“Ya,” Jawab Addas. “Engkau tahu juga tentang dia?” tanya Addas lebih lanjut.“Ya,” jawab nabi, “Kami bersaudara. Dia nabi seperti juga diriku.” Nabi kemudian menceritakan kisah nabi Yunus kepada Addas. Addas mendengarkan kisah tersebut dengan seksama, tertegun dan terkesima. tiba tiba Addas setelah mendengar kisah Nabi yunus dengan panjang lebar langsung mendekat kepada Nabi dan merangkulnya bahkan mencium kepalanya, kedua tangannya dan kakinya yang masih berlumuran darah serta menyetakan keislamannya. (Al bidayah wa An nihayah 3/136, Siroh Ibnu Hisyam 1/419)
7. Kecintaan sahabat Abu bakar  radiallahu 'anhu terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
ü  Dalam peristiwa yang diberitakan oleh Abi Ya'la dari Anas bin Malik. katanya: Suatu kali, pernah kaum Quraisy memukul Nabi shalallahu 'alaihi wasallam sehingga beliau jatuh pingsan. Ada orang yang memberitahu Abu Bakar ra. lalu segera dia meleraikan mereka, seraya berkata: Celaka kamu sekalian! Apakah kamu hendak membunuh orang yang mengatakan 'Tuhanku Allah!' Kemudian orang-orang jahat bertanya: Siapa orang ini? Jawab mereka: Inilah Abu Bakar yang sudah gila itu! Mereka pun meninggalkan Nabi shalallahu 'alaihi wasallam lalu berkelahi dengan Abu Bakar. (Majma'uz Zawa'id 6:17; Hakim 3:67).
ü  Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadits Abu Hurairah Radhiallahu’anhu:
لما توفى النبي صلى الله عليه وسلم واستُخلف أبو بكر وكفر من كفر من العرب قال عمر : يا أبا بكر كيف تقاتل الناس وقد قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أمِرت أن أقاتل الناس حتى يقولوا لا إله إلا الله ، فمن قال لا إله إلا الله عصم مني ماله ونفسه إلا بحقه وحسابه على الله ؟ قال أبو بكر : والله لأقاتلن من فرق بين الصلاة والزكاة ، فإن الزكاة حق المال ، والله لو منعوني عناقا كانوا يؤدونها إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم لقاتلتهم على منعها . قال عمر : فو الله ما هو إلا أن رأيت أن قد شرح الله صدر أبي بكر للقتال فعرفت أنه الحق
“Ketika Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam wafat, dan Abu Bakar menggantikannya, banyak orang yang kafir dari bangsa Arab. Umar berkata: ‘Wahai Abu Bakar, bisa-bisanya engkau memerangi manusia padahal Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, aku diperintah untuk memerangi manusia sampai mereka mengucapkan Laa ilaaha illallah, barangsiapa yang mengucapkannya telah haram darah dan jiwanya, kecuali dengan hak (jalan yang benar). Adapun hisabnya diserahkan kepada Allah?’ Abu Bakar berkata: ‘Demi Allah akan kuperangi orang yang membedakan antara shalat dengan zakat. Karena zakat adalah hak Allah atas harta. Demi Allah jika ada orang yang enggan membayar zakat di masaku, padahal mereka menunaikannya di masa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, akan ku perangi dia’. Umar berkata: ‘Demi Allah, setelah itu tidaklah aku melihat kecuali Allah telah melapangkan dadanya untuk memerangi orang-orang tersebut, dan aku yakin ia di atas kebenaran‘”
Begitu tegas dan kerasnya sikap beliau sampai-sampai para ulama berkata:
نصر الله الإسلام بأبي بكر يوم الردّة ، وبأحمد يوم الفتنة
“Allah menolong Islam melalui Abu Bakar di hari ketika banyak orang murtad, dan melalui Ahmad (bin Hambal) di hari ketika terjadi fitnah (khalqul Qur’an)”
ü  Abu Bakar Ash Shiddiq adalah orang yang menemani Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam di gua ketika dikejar kaum Quraisy Allah Ta’ala berfirman,
ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لاَ تَحْزَنْ إِنَّ اللّهَ مَعَنَا
“Salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita”” (QS. At Taubah: 40)
As Suhaili berkata: “Perhatikanlah baik-baik di sini Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam  berkata ‘janganlah kamu bersedih’ namun tidak berkata ‘janganlah kamu takut’ karena ketika itu rasa sedih Abu Bakar terhadap keselamatan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sangat mendalam sampai-sampai rasa takutnya terkalahkan”.
Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari hadits Anas bin Malik Radhiallahu’anhu, Abu Bakar berkata kepadanya:
نظرت إلى أقدام المشركين على رؤوسنا ونحن في الغار فقلت : يا رسول الله لو أن أحدهم نظر إلى قدميه أبصرنا تحت قدميه . فقال : يا أبا بكر ما ظنك باثنين الله ثالثهما
“Ketika berada di dalam gua, aku melihat kaki orang-orang musyrik berada dekat dengan kepala kami. Aku pun berkata kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, kalau di antara mereka ada yang melihat kakinya, mereka akan melihat kita di bawah kaki mereka’. Rasulullah berkata: ‘Wahai Abu Bakar, engkau tidak tahu bahwa bersama kita berdua yang ketiga adalah Allah’”
Ketika hendak memasuki gua pun, Abu Bakar masuk terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada hal yang dapat membahayakan Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Juga ketika dalam perjalanan hijrah, Abu Bakar terkadang berjalan di depan Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, terkadang di belakangnya, terkadang di kanannya, terkadang di kirinya.
ü  Abu Bakar Ash Shiddiq menginfaqkan seluruh hartanya ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menganjurkan sedekah, Umar bin Khattab Radhiallahu’anhu berkata:
أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم أن نتصدق ، فوافق ذلك مالاً فقلت : اليوم أسبق أبا بكر إن سبقته يوما . قال : فجئت بنصف مالي ، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ما أبقيت لأهلك ؟ قلت : مثله ، وأتى أبو بكر بكل ما عنده فقال : يا أبا بكر ما أبقيت لأهلك ؟ فقال : أبقيت لهم الله ورسوله ! قال عمر قلت : والله لا أسبقه إلى شيء أبدا
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan kami untuk bersedekah, maka kami pun melaksanakannya. Umar berkata: ‘Semoga hari ini aku bisa mengalahkan Abu Bakar’. Aku pun membawa setengah dari seluruh hartaku. Sampai Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bertanya: ‘Wahai Umar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?’. Kujawab: ‘Semisal dengan ini’. Lalu Abu Bakar datang membawa seluruh hartanya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam lalu bertanya: ‘Wahai Abu Bakar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?’. Abu Bakar menjawab: ‘Ku tinggalkan bagi mereka, Allah dan Rasul-Nya’. Umar berkata: ‘Demi Allah, aku tidak akan bisa mengalahkan Abu Bakar selamanya’” (HR. Tirmidzi)
8. Kecintaan sahabat Abu Ayyub al-Ansari  radiallahu 'anhu terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Abu Ayyub al-Ansari  (587 - 668) atau nama sebenarnya Khalid bin Zaid bin Kulaib dari Bani An-Najjar. Beliau mendapat penghormatan kerana Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam turun dari unta baginda di rumah beliau selepas baginda memasuki Madinah semasa baginda berhijrah ke sana dari Mekah.
Semasa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memasuki Madinah, setiap orang dari kalangan orang-orang Ansar bercita-cita supaya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam turun dari unta baginda di rumah mereka. Mereka menghalang perjalanan unta Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam  secara silih berganti supaya unta baginda menghala ke rumah mereka kemudian Nabi bersabda kepada mereka: (Biarkanlah ia pergi kerana ia telah diperintahkan). Lalu unta tersebut terus berjalan sehinggalah ia berhenti di halaman rumah Abu Ayyub Al-Ansari
Abu Ayyub terlalu gembira melihat keadaan tersebut lalu beliau terus mendapatkan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyambut kedatangan baginda dengan perasaan terlalu gembira dan rasa sangat terharu sambil membawa barang-barang yang dibawa oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam seolah-olah beliau membawa khazanah dunia kemudian terus masuk ke rumahnya.
Rumah Abu Ayyub mempunyai dua tingkat. Pada mulanya, beliau meminta baginda untuk tinggal di tingkat atas kerana tidak merasa senang apabila kakinya berada di atas kepala nabi Shallallahu’alaihi Wasallam ketika berada di rumahnya. Namun baginda tetap suka. tinggal di bawah supaya mudah untuk baginda menerima tetamu.
9. Kecintaan sahabat Sawad bin Ghaziyyah  radiallahu 'anhu terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Sawad bin Ghaziyyah adalah salah seorang Ahli Badar, dan termasuk dari sedikit sahabat yang menemui syahidnya di medan Perang Badar itu. Pada hari berlangsungnya pertempuran ketika sedang persiapan pasukan, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengatur barisan dan meluruskannya, seperti ketika meluruskan shaf-shaf shalat. Saat tiba di tempat Sawad, beliau melihat kalau posisinya agar bergeser, tidak lurus dengan anggota pasukan lainnya. Beliau memukul perut Sawad dengan anak panah sambil bersabda, "Luruskan barisanmu, wahai Sawad…!!"
Tetapi tanpa diduga oleh siapapun, tiba-tiba Sawad berkata, "Wahai Rasulullah, engkau telah menyakitiku, maka berilah kesempatan kepadaku untuk membalasmu (meng-qishash-mu)..!!"
Para sahabat terkejut, dan sebagian besar marah dengan ucapan Sawad ini, apalagi Umar bin Khaththab. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam sendiri sebenarnya terkejut dengan sikapnya itu, tetapi beliau menenangkan mereka. Sambil menyerahkan anak panah yang dipakai memukul, beliau bersabda, "Kalau begitu, balaslah wahai Sawad…!!"
Sambil menerima anak panah dari tangan Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, Sawad berkata, "Wahai Rasulullah, engkau memukulku di perut yang tidak tertutup kain, karena itu hendaklah engkau singkapkan baju engkau..!!"
Para sahabat makin marah dengan sikap dan kemauan Sawad yang tidak sepatutnya ini. Tetapi Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam tetap menenangkan mereka dan memenuhi permintaan Sawad. Setelah beliau menyingkapkan baju beliau, Sawad segera melemparkan anak panah tersebut dan memeluk perut Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, dengan erat sambil menangis bahagia,  sekaligus meminta maaf kepada beliau. Sekali lagi Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dibuat terkejut dengan tindakan Sawad yang tidak tersangka-sangka ini. Beliau berkata, "Apa-apaan engkau ini, Sawad….??"
Sawad berkata, "Inilah yang aku inginkan, ya Rasulullah, telah lama aku berharap kulitku yang hina ini bisa bersentuhan dengan kulit engkau yang mulia, dan aku bersyukur bisa melakukannya, semoga ini menjadi saat-saat terakhir dalam hidupku bersama engkau….!!"
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam  tersenyum mendengar jawaban Sawad ini, karena apa yang dilakukannya adalah ekspresi kecintaannya kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Segera saja beliau mendoakan kebaikan dan ampunan bagi Sawad.

10. Kecintaan Ummu Sulaim  radiallahu 'anha terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam

Daripada Thumamah, daripada Anas meriwayatkan, bahawa Ummu Sulaim pernah membentang sehelai tikar daripada kulit untuk Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Maka baginda tidur (qailulah) di atas tikar itu. Anas  berkata: Ketika Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam tidur, Ummu Sulaim mengambil sebahagian daripada peluh dan rambut Baginda Shallallahu’alaihi Wasallam, lalu mengumpulnya di dalam sebuah botol kaca. Kemudian Ummu Sulaim mencampurkannya pula dengan minyak wangi yang lain, sedangkan Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam masih tidur. Thumamah berkata: Semasa Anas ibn Malik hampir wafat, dia mewasiatkan kepada saya supaya mencampurkan sedikit wewangian tersebut dengan hanutnya (wewangian untuk orang mati agar tidak cepat rusak). Dia berkata, “Maka wewangian itu pun dicampurkan ke dalam hanutnya. (riwayat Bukhari dalam Bab Al-Isti’zan)

11. Kecintaan Qatadah bin Nu'man  radiallahu 'anhu terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam

Nabi shalallahu 'alaihi wasallam pernah diberi hadiah sebuah busur panah, kemudian beliau memberikan busur itu kepada Qatadah bin Nu'man. Dengan busur itulah Qatadah berjuang di perang Uhud. Ketika posisi pasukan muslimin berbalik dari kemenangan menjadi kekalahan, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dalam keadaan terkepung dan dihujani anak panah, tanpa keraguan Qatadah “pasang badan” untuk melindungi beliau dari depan sambil terus menyerang dengan panahnya, bahkan ia melindungi wajah beliau dengan wajahnya sendiri. Satu anak panah tepat mengenai matanya sehingga bola matanya lepas dan jatuh di telapak tangannya.
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam menangis ketika melihat keadaannya, dan beliau berdoa, "Ya Allah, Sesungguhnya Qatadah telah melindungi wajah NabiMu dengan wajahnya sendiri. Maka jadikanlah matanya yang rusak itu lebih baik dan lebih tajam penglihatannya daripada mata satunya….!" 
Setelah itu Nabi shalallahu 'alaihi wasallam  mengambil bola mata tersebut dari tangan Qatadah dan meletakkannya di tempatnya, dan sungguh suatu mu'jizat, seketika mata Qatadah sembuh dan lebih baik keadaannya dari mata satunya. Setelah sembuh, Qatadah kembali menerjunkan diri ke medan pertempuran. ( Majma Az Zawaid 6/113)

12. Kecintaan Ummu ‘Umarah   radiallahu 'anha terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam

Kisah mengesankan datang dari seorang sohabiyyah pemberani Ummu ‘Umarah   radiallahu 'anha, di kisahkan, Allah ta'ala menganugerahkan banyak kemuliaan padanya. Satu per satu peristiwa besar turut dilaluinya. Dia salah satu wanita yang hadir pada malam ‘Aqabah dan berbai’at kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, perang Uhud, Hudaibiyah, Khaibar, ‘Umratul Qadla’, Hunain tak lepas dari sejarah perjalanan hidupnya bersama Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, Bahkan semasa pemerintahan Abu Bakr Ash Shiddiq , dia turut terjun memerangi Musailamah Al Kadzdzab dalam perang Yamamah.
Dalam medan pertempuran Uhud, tatkala Ummu ‘Umarah  ikut berperan dalam kancah itu bersama suaminya, Ghaziyah bin ‘Amr serta kedua putranya, ‘Abdullah dan Habib Dengan membawa geriba tempat air minum untuk memberi minum pasukan yang terluka, Ummu ‘Umarah berangkat bersama pasukan kaum muslimin di awal siang.
Pertempuran berlangsung dahsyat. Ketika pasukan kaum muslimin tercerai berai, tak tersisa di sisi Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam  kecuali hanya beberapa orang yang tak sampai sepuluh orang banyaknya. Di saat yang genting itu, Ummu ‘Umarah terjun langsung dalam peperangan dengan pedangnya. Bersama suami dan dua putranya, Ummu ‘Umarah mendekati Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, melindungi di depan beliau dengan segenap kemampuan.
Tanpa perisai Ummu ‘Umarah melindungi Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam , sementara sebagian besar pasukan muslimin lari kocar-kacir. Di antara orang-orang yang berlarian menjauh dari beliau, ada seseorang yang lari membawa perisainya. Beliau pun berseru, “Berikan perisaimu pada orang yang berperang!” Orang itu pun melemparkan perisainya dan segera diambil oleh Ummu ‘Umarah. Ummu ‘Umarah pun bertameng dengannya. Demikian keadaan yang mereka hadapi saat itu, sementara lawan mereka adalah pasukan berkuda kaum musyrikin.
Tiba-tiba datang seorang penunggang kuda memacu kudanya sembari menyabetkan pedangnya ke arah Ummu ‘Umarah. Ummu ‘Umarah menangkis tebasan itu dengan perisainya hingga orang itu tak berhasil berbuat sesuatu. Ummu ‘Umarah pun menebas kaki kudanya hingga penunggang kuda itu pun terjatuh. Menyaksikan hal itu, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam segera memanggil salah seorang putra Ummu ‘Umarah, “Ibumu! Ibumu!” Dengan cepat putra Ummu ‘Umarah datang membantu ibunya hingga dapat melumpuhkan musuh Allah itu.
Di tengah berkecamuknya perang, putra Ummu ‘Umarah, ‘Abdullah bin Zaid terluka di lengan kirinya, ditebas oleh seseorang yang sangat cepat datangnya dan berlalu begitu saja, tanpa sempat dia kenali. Darah pun mengucur tak henti. Melihat itu, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam berkata, “Balut lukamu!” Ummu ‘Umarah pun datang membawa pembalut yang dipersiapkannya untuk membalut luka-luka, segera mengikat luka putranya, sementara Rasulullah n berdiri mengawasi. Usai mengikat luka, Ummu ‘Umarah berkata pada putranya, “Bangkitlah! Perangilah orang-orang itu!” Mendengar ucapannya, Rasulullah n  mengatakan, “Siapa yang mampu melakukan seperti yang kaulakukan, wahai Ummu ‘Umarah?”
Kemudian datanglah orang yang melukai ‘Abdullah. Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam pun berkata, “Itu orang yang menebas putramu!” Ummu ‘Umarah segera menghadangnya dan menebas betisnya hingga orang itu terjatuh. Rasulullah n  tersenyum menyaksikannya hingga tampak gigi geraham beliau. Ummu ‘Umarah pun menebasnya bertubi-tubi hingga mati. Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam  mengatakan pada Ummu ‘Umarah, “Segala puji milik Allah yang telah menolongmu serta menyenangkan hatimu dengan keadaan musuhmu dan memper-lihatkan pembalasan itu di depan matamu.”
Ummu ‘Umarah pun menderita luka-luka dalam peperangan itu. Luka yang paling besar terdapat di pundaknya, karena tikaman pedang seorang musuh Allah dan Rasul-Nya, Ibnu Qami’ah. Saat itu, Ibnu Qami’ah datang dan berseru, “Tunjukkan aku pada Muhammad! Aku tidak akan selamat kalau dia selamat!” Dia pun segera dihadang oleh Mush’ab bin ‘Umair  bersama para sahabat yang lain. Ummu ‘Umarah berada dalam barisan itu. Maka Ibnu Qami’ah menghunjamkan pedangnya ke pundak Ummu ‘Umarah. Ummu ‘Umarah pun membalas dengan beberapa kali tebasan, namun musuh Allah itu mengenakan baju perang yang melindunginya.
Tatkala melihat Ummu ‘Umarah terluka di pundaknya, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam berseru pada ‘Abdullah, “Ibumu! Ibumu! Balutlah lukanya! Semoga Allah memberikan barakah kepada kalian wahai ahlul bait. Kedudukan ibumu pada hari ini lebih baik daripada kedudukan si Fulan dan si Fulan. Semoga Allah memberikan barakah kepada kalian wahai ahlul bait. Kedudukan suami ibumu lebih baik daripada kedudukan si Fulan dan si Fulan. Semoga Allah memberikan barakah kepada kalian wahai ahlul bait!” Ummu ‘Umarah pun meminta, “Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar kami menemanimu di dalam surga!” Beliau pun berdoa, “Ya Allah, jadikan mereka orang-orang yang menemaniku di dalam surga.” Ummu ‘Umarah berkata, “Aku tidak peduli lagi apa yang menimpaku di dunia.”
Dua belas luka didapatkan oleh Ummu ‘Umarah dalam peperangan itu. Tikaman pedang Ibnu Qami’ah itulah luka yang paling parah yang diderita oleh Ummu ‘Umarah, hingga dia harus mengobati luka itu setahun lamanya.
Keadaan luka yang sedemikian hebat tak menyurutkan semangat Ummu ‘Umarah untuk membela Allah dan Rasul-Nya. Ketika kaum muslimin diseru untuk bersiap menuju peperangan di Hamra`il Asad, Ummu ‘Umarah pun menyingsingkan bajunya. Namun, dia tak kuasa menahan kucuran darah dari lukanya. Dalam semalam lukanya terus diseka hingga pagi. (Shofwatu As Siroh Ibnu Katsir 3/32)

13. Kecintaan Muadz bin Amru bin al-Jamuh radhiallahu ‘anhu dan Maudz bin Afra’ radhiallahu ‘anhu terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam

Dua orang remaja yang bernama Muadz bin Amru bin al-Jamuh dan Maudz bin Afra’, mendengar kabar tentang intimidasi dan tekanan yang selalu dilancarkan oleh Abu Jahal kepada Rasulullah dan kaum muslimin. Maka keduanya berniat untuk membunuh Abu Jahal dalam perang Badar. Namun sayangnya, kedua remaja ini belum pernah bertemu atau melihat wajah Abu Jahal, bahkan sebelumnya mereka berdua tidak pernah mengenalnya. Sebab kedua remaja ini adalah pemuda Anshar, asli penduduk Madinah. Maka untuk memperjelas targetnya, kedua pemuda ini datang menemui sahabat Rasulullah Abdurrahman bin Auf, keduanya berkata: ”Wahai paman, apakah engkau mengenal Abu Jahal?, ”tentu saja”, jawab Abdurrahman. ”Kalau begitu tolong paman tunjukkan kepada kami yang mana orangnya”, tukas keduanya. Abdurrahman bertanya: ”Untuk apa?, keduanya menjawab: ”Kami telah mendengar bahwa orang ini sering kali menyakiti kaum muslimin dan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam , dan hari ini kami ingin membunuhnya”. Mendengar penjelasan itu, Abdurrahman berjanji bahwa pada saat perang berlangsung, ia akan menunjukkan Abu Jahal kepada kedua remaja tersebut.
Perang pun dimulai, pertempuran dari kedua belah pihak berkecamuk, Abdurrahman berhasil melihat Abu Jahal, maka ia langsung memberitahukan keberadaannya kepada kedua remaja tadi. Lalu kedua pemuda itu pun mulai mengintai dan mencari peluang yang tepat untuk membunuhnya. Akhirnya Muadz melesat menyerang, ia masuk ke dalam barisan pengawal Abu Jahal, ia berhasil menebas betisnya, dan Abu Jahal pun roboh ke tanah antara hidup dan mati, pada saat itu tiba-tiba muncul Abdullah bin Mas’ud, seorang sahabat Rasulullah yang seringkali disakiti oleh Abu Jahal selama di Mekkah. Lalu Abdullah bin Mas’ud berkata: ”Apakah kini Allah telah mencampakkanmu wahai musuh Allah? Abu Jahal menjawab: ”Bagaimana mungkin Dia bisa mencampakkan aku?, aku tidak akan tunduk kepadamu, wahai pengembala kecil, coba lihat milik siapa kemenangan hari ini?!. Abdullah bin Mas’ud menjawab: ”Kemenangan hari ini adalah milik Allah dan Rasulnya”. Tiba-tiba Abu Jahal mendorong Abdullah bin Mas’ud yang sedang menginjak lehernya, seraya berkata: ”Wahai pengembala kambing, kau telah meniti jalan yang sulit”. Akhirnya Abdullah bin Mas’ud langsung memenggal kepalanya dan membawanya kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. (HR. Bukhori 3142, Muslim 1752)

14. Kecintaan Ummu sa'ad radhiallahu ‘anha terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam

Sahabiyyah ini adalah antara wanita mukminah yang menyajikan jalan-jalan tauladan dan termasuk salah seorang wanita yang memberikan kesaksian kebenaran bagi Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam. Baginda Rasul turut menjanjikan imbalan kebaikan dan mendoakan barakah baginya. Ketika iklim iman menggantikan kegelapan jahiliyyah dan mentari hidayah mulai terpancar di tanah Madinah, sahabiyyah ini hidup dan tampil sebagai penolong bagi Islam, mencurahkan sekalian yang dimiliki dan menjadi ibu kepada dua orang anaknya yang gugur sebagai syuhada’; dua pahlawan Islam yang segar di dalam medan sejarah.
Beliaulah ibu yang Arasy Ar-Rahman pun bergoncang kerana kematian anak-anaknya. Beliaulah ibu yang memutuskan perkara dengan hukum Allah dari atas langit ketujuh. Anak beliau ialah penjaga Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam ketika Perang Badar, yang juga pemegang panji dari golongan Ansar, serta salah seorang ahli majlis syura Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam ketika itu. Anak beliau adalah As-siddiq kedua setelah Abu Bakar Radiallahu Anhu. Anak beliau jugalah wakil Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam di saat Perang Buwath. Dari rumah pasangan Kabsyah bintu Rafi’ dan Muadz bin An-Nu’man inilah, lahirnya sosok-sosok peribadi Saad bin Muadz, Amru bin Muadz, Iyas, Aqrab dan Ummu Hizam.
Di dalam Perang Uhud, Ummu Saad turut terlibat secara langsung bersama beberapa wanita Muslimah lainnya. Berita kekalahan tentera kaum Muslimin dan gugur syahidnya anak beliau, Amru bin Muadz sampai ke pengetahuan beliau. Namun, berita-berita tersebut ternyata kurang penting bagi ibu ini berbanding keselamatan baginda nabi. Beliau lantas bersegera ke medan peperangan dan melihat dengan mata kepala sendiri keadaan dan keselamatan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam. Saat itu juga, beliau memanjatkan puji dan syukur kepada Allah seraya berkata: ”Selagi aku melihat engkau dalam keadaan yang selamat, maka musibah ini (kematian Amru bin Muadz) adalah terasa sangat ringan” (Maghozi Al waqidy 1/315-316)

15. Kecintaan Sa’ad bin ar-Robi radhiallahu ‘anhu terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Nama lengkapnya Sa’ad bin ar-Robi; bin Amru bin Abu Zahir. Salah seorang ketua dari 12 orang yang memimpin pembaitan Rasulullah di Aqobah kedua.
Selama hidupnya bersama Rasulullah, beliau ikut dalam pembaitan, perang Badr dan Uhud. Rasulullah pernah mempekenalkan dengan Abdurrahman bin ‘Auf. Beliau berkata kepada teman barunya itu;” Saya adalah orang yang paling kaya di Madinah. Coba lihat sebagian hartaku, dan ambillah. Dan saya punya dua istri. Coba lihat mana yang diantara dua yang menarik bagimu hingga saya ceraikan. Kalau masah iddahnya sudah habis, silahkan kamu nikahi dia.” Mendegar ucapan itu, apa jawaban Abdurrahman bin Auf; “Semoga Allah memberikan keberkahan padamu, keluarga dan hartamu. Maaf, tapi tunjukkan saya jalan ke pasar.
Pada waktu perang Uhud, Rasulullah bertanya; “Siapa diantara kalian melihatku apa yang telah dilakukan Sa’ad bin ar-Robi’? pada waktu dia masih hidup atau sudah meninggal?
maka berkatalah Ubai bin ka'ab, saya akan coba mencarinya, maka Nabi Sallallahu Alaihi Wassalam berpesan kepada Ubay bin Ka'ab untuk menyampaikan salam nya kepada Sa'ad. kemudian Ubay berangkat mencari cari para qorban perang Uhud, maka ia akhirnya mendapatkan Sa'ad sedang kesakitan karena lukanya. kemudian Ubay menyampaikan salam Nabi Sallallahu Alaihi Wassalam kepadanya sementara itu Sa'ad mengalami luka parah karena badannya terkena dua belas tusukan pedang. kemudian dia berkata kepada Ubay bin Ka'ab" katakan kepada Rasulullah sesungguhnya aku telah mencium baunya sorga" kemudian beliau menghembuskan nafas terakhirnya dan meninggal di Uhud tahun 3 Hijriah setelah menahan sakit yang bersangatan akibat luka parah yang dideritanya. (Shahih As-Siroh An Nabawiyyah 294)
16. Kecintaan Anas bin an-Nadhar radhiallahu ‘anhu  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Diriwayatkan dari Anas radhiallahu ‘anhu, ia berkata, “Pamanku Anas bin an-Nadhar tidak ikut serta di dalam perang Badar. Kemudian ia berkata, ‘Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, Aku tidak sempat bergabung dalam peperangan pertama melawan orang-orang musyrik. Sekiranya Allah memberi kesempatan kepadaku untuk melawan orang-orang musyrik, tentu Allah Maha Melihat apa yang aku perbuat dalam perang itu.’
Ketika peperangan Uhud berlangsung dan umat Islam nampak cerai berai dalam peperangan itu, ia berkata, ‘Ya Allah, Aku mohon ampunan kepadamu atas apa yang dilakukan kawan-kawanku.’ Yaitu mereka yang melarikan diri dari peperangan, ‘Aku pun berlepas diri dari perbuatan yang dilakukan orang-orang musyrik.’
Ia lalu bangkit dan berpapasan dengan Sa’ad bin Mu’adz sambil berkata, ‘Wahai Mu’adz, lihatlah, di depanmu ada Surga dan alangkah indahnya! Sungguh aku telah mencium bau wanginya dari bawah gunung Uhud.’
Selanjutnya Sa’ad mengomentari apa yang telah dilakukan oleh Anas bin an-Nadhar, ‘Wahai Rasulullah, Aku tidak bisa mencapainya apa yang telah ia lakukan.’
Anas berkata, “Kami dapati dalam tubuhnya lebih dari 80 tusukan pedang dan tombak serta kami dapati ia telah mati. Orang musyriklah yang menghancurkannya sehingga tidak ada seorang pun yang mengenali jenazah beliau selain adik perempuannya, ia mengetahui ciri-cirinya melalui jari-jari tangannya.”
Anas berkata, “Kami berpendapat bahwa ayat, ‘Di antara orang-orang mukmin terdapat orang-orang yang benar-benar mempercayai apa yang telah dijanjikan Allah kepadanya.’ diturunkan berkenaan dengan Anas bin an-Nadhar dan orang yang sepertinya.”
Terdapat suatu riwayat, adik perempuannya yang bernama ar-Rabi’ pernah mematahkan gigi susu seorang wanita. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan agar diberlakukan qishash atasnya. Anas bin an-Nadhar berkata, “Demi jiwa yang telah mengutusmu dengan kebenaran, jangan engkau balas mematahkan gigi susunya.”
Mereka lalu meminta tebusan dan tidak memberlakukan qishash. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selanjutnya bersabda, “Sesungguhnya di antara hamba–hamba Allah terdapat orang yang apabila bersumpah pasti dikabulkan.” (H.R. Al-Bukhari, 2805; Muslim, 1675.)
17. Kecintaan Khalid ibn Walid  radhiallahu ‘anhu  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Abu Bakr berkata: “Aku melihat Khalid ibn Walid meminta gombak (rambut bagian depan) Nabi sall-Allahu álayhi wasallam, dan dia menerimanya. Dia biasa menaruhnya di atas matanya, dan kemudian menciumnya.” Diketahui bahwa kemudian dia menaruhnya di qalansuwa (tutup kepala yang dikelilingi turban) miliknya, dan selalu memenangkan perang. (riwayat Al-Waqidi di Maghazi dan Ibn Hajar di Isaba).
Ibn Abi Zayd al-Qayrawani meriwayatkan bahwa Imam Malik berkata: “Khalid ibn al-Walid memiliki sebuah qalansua (kopiah) yang berisi beberapa helai rambut Rasulullah sall-Allahu álayhi wasallam, dan itulah yang dipakainya pada perang Yarmuk, dan Allah ta'ala menangkan peperangannya.
Anas berkata, “Ketika Rasulullah sall-Allahu álayhi wasallam mencukur kepalanya (setelah hajj), Abu Talha adalah orang pertama yang mengambil rambutnya” (Hadits Riwayat Bukhari).
18. Kecintaan Ummu Sulaim   radhiallahu ‘anha  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Dari Anas radhiallahu ‘anhu   dikatakan bahwa Ummu Sulaim menggelar tikar (dari kulit) untuk Nabi saw., kemudian beliau tidur (siang) di atasnya. Anas berkata: “Ketika Nabi shalallahu 'alaihi wasallam. tidur, Ummu Sulaim mengambil keringat dan rambut beliau, lalu mengumpulkannya dalam suatu bejana, kemudian mengumpulkannya ke dalam wewangian.” (HR Bukhari, Kitab: Memohon izin, Bab: Orang yang mengunjungi suatu kaum, lalu tidur di tempat mereka, jilid 13, hlm. 312. Shahih Muslim, Kitab: Keutamaan-keutamaan, Bab: Harumnya keringat Nabi saw, jilid 7, hlm. 82.)
Sementara itu, dalam riwayat Muslim disebutkan: “Saat tidur, beliau banyak mengeluarkan keringat. Ummu Sulaim lalu mengumpulkan keringat tersebut dan mencampurkannya dengan minyak wangi, kemudian memasukkannya ke dalam botol-botol kecil. Kemudian Nabi saw. bertanya: ‘Wahai Ummu Sulaim, apa ini?’ Ummu Sulaim menjawab: ‘Keringatmu, aku mencampurnya dengan minyak wangiku.’” (Shahih Muslim, Kitab: Keutamaan-keutamaan, Bab: Harumnya keringat Nabi saw, jilid 7, hlm. 82.)
Dalam Shahih Bukhari, vol 7, kitab 72, no. 784, Utsman bin Abd-Allah ibn Mawhab berkata, “Orang-orangku mengirim semangkuk air ke Umm Salama.” Isra’il memberikan ukuran tiga jari yang menunjukkan kecilnya ukuran wadah yg berisi beberapa helai rambut Nabi sall-Allahu álayhi wasallam. Utsman menambahkan, “Jika seseorang sakit karena suatu penyakit mata atau penyakit lainnya, dia akan mengirimkan suatu wadah berisi air ke Umm Salama (dan dia akan mencelupkan rambut Nabi ke dalamnya dan air tersebut akan diminum).

19. Kecintaan Ummu Sulaim   radhiallahu ‘anha  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Di ceritakan bahwa Abu Sufyan radhiallahu ‘anhu berangkat menuju ke Madinah untuk memohan maaf kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan memperbaiki perdamaian, tetapi sesampainya di Madinah, ia tidak bertemu langsung dengan Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena malu dan keberatan. Abu Sufyan radhiallahu ‘anhu menemui Abu Bakar radhiallahu ‘anhu agar beliau menjadi duta atau perantara dirinya dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu kepada Umar radhiallahu ‘anhu, lalu kepada Ali dan Fatimah radhiallahu ‘anhu, tetapi mereka semua menolak. Sikap para sahabat mulia ini menunjukkan bahwa tidak ada wala’ (loyalitas) dan syafaat buat orang-orang kafir.
Diriwayatkan bahwa Abu Sufyan radhiallahu ‘anhu tatkala sampai di Madinah, masuk ke rumah putrinya, Ummu Habibah radhiallahu ‘anhu Ummul Mukminin –istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan tatkala hendak duduk di tikar, maka Ummu Habibah melipatnya. Tindakan tersebut yang membuat bapaknya heran seraya mengatakan, “Apakah kamu melipat tikar ini karena jelek tidak layak aku duduki ataukah kamu tidak mengizinkan aku karena kehormatan tikar ini?” Maka Ummu Habibah radhiallahu ‘anhu menjawab, “Ini tikar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ayah tidak pantas mendudukinya sedang ayah seorang musyrik.” Abu Sufyan mengatakan, “Wahai putriku, sekarang kamu menjadi anak yang durhaka setelah pisah dengan orang tuamu.” Kemudian dia keluar menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengajaknya bicara, tetapi beliau diam tidak menjawabnya sedikit pun. Maka Abu Sufyan kembali ke Mekah dalam keadaan sia-sia dan ini pertanda bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memaafkan karena mereka dalam pelanggaran ini. (Sifatu As Sofwah 1/224).
20. Kecintaan Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Suatu hari Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu  pergi ke rumah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ia mengelus dada ketika melihat Nabi ikutan dan pemimpin umat selama ini tidur berbaring di atas tikar usang. Nampak bekas jalur tikar itu pada tubuhnya. Dilihatnya almari, Umar hanya mendapati segantang gandum kasar, lain itu tidak.
Melihat penderitaan Rasulullah ini Umar menangis di hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. "Apa yang menyebabkan engkau menangis hai Umar." tanya Rasulullah. "Aku melihat para Kaisar dan Kisra dan raja-raja lain nikmat tidur di atas katil mewah beralaskan sutera, tetapi di sini aku melihat engkau tidur beralaskan tikar seperti ini." jawabnya. "Wahai Umar, tidaklah engkau sependapat denganku. Kita lebih suka memilih kebahagiaan akhirat sedang mereka memilih dunia." Hanya itu jawapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam .
Mendengar jawapan itu luluhlah hati Umar melihat kesederhanaan Nabi sebagai pemimpin dan ikutan umat, dan bertambah kepiluan di hatinya. (HR. Hakim 4/104 dan Ahmad 1/33).

21. Kecintaan Utsman bin Affan  radhiallahu ‘anhu  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya yang berjumlah  1400 orang singgah di Huzdaibiyyah, maka membuat terperanjat orang orang kafir Qura'isy, kemudian nabi mengutus salah satu sahabatnya untuk memberitahukan bahwa kedatangnnya bukan untuk perperang akan tetapi untuk melaksanakan umroh.
Rosululloh kemudian ingin mengutus Umar bin Khattab namun diganti oleh Utsman bin Affan, karena Umar menunjukkan permusuhannya yang hebat terhadap Quraisy dan Quraisy mengetahui hal itu, di samping itu kaumnya yakni, Bani ‘Adi tak dapat melindunginya. Usman bin Affan tak lama kemudian pergi menemui para tokoh Quraisy setelah terlebih dahulu minta jaminan keamanan kepada  Abban bin Sa’ad bin al-‘Ash al-Umawi. Lalu dengan  jaminan perlindungan itu ia menyampaikan maksud dan tujuan Rosululloh kepada tokoh-tokoh Quraisy. Utsman melakukan tugasnya dengan baik, sampai-sampai para tokoh Quraisy mempersilakannya thawaf di Masjidil Haram. Tetapi Utsman menolaknya sebelum Rosululloh mendahului thawaf dulu sebelum dia tawaf di Masjidil Haram. Perkataan ini berakibat ia ditawan oleh Quraisy. Keterlambatan Utsman kembali ke barisan kaum muslimin membuat sebagian kaum muslimin berkata bahwa Utsman telah mendahului mereka thawaf di Baitullah. Namun Rosululloh dengan tegas menyatakan bahwa Utsman tidak akan melakukannya hingga kaum muslimin thawaf bersamanya. maka terdengarlah isu bahwa Utsman terbunuh di tangan orang-orang Quraisy. Rosululloh Shollallahu ‘Alaihi wa Sallam langsung mengumpulkan para sahabatnya untuk berbai’at di bawah sebuah pohon yang bernama Sammuroh. Mereka semua berbai’at untuk membalaskan kematian Utsman sampai titik darah penghabisan. Berkenaan dengan peristiwa tersebut Allah menurunkan ayat 10, 18-21 surat al-Fath. Allah berfirman :
إِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللَّهَ يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ فَمَنْ نَكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلَى نَفْسِهِ وَمَنْ أَوْفَى بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا.
“Bahwa orang-orang yang berjanji setia kepadamu (Muhammad), sesungguhnya mereka hanya berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan-tangan mereka, maka barangsiapa melanggar janji, maka sesungguhnya dia melanggar atas (janji) sendiri; dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah, maka Dia akan memberinya pahala yang besar.” (QS. Al-Fath : 10)
22. Kecintaan Tsauban  radhiallahu ‘anhu  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Tsauban seorang pembantu nabi shalallahu 'alaihi wasallam, suatu hari nampak sakit karena kesedihan yang tertahan akibat kerinduan kepada Nabi shalallahu 'alaihi wasallam. ketika berjumpa dengan Nabi shalallahu 'alaihi wasallam maka nabi pun bertanya, kenapa Tsauban? Lalu Tsauban berkata dengan nada penuh iba. “Jika engkau wafat nanti, duhai nabi. Engkau akan diangkat ke surga oleh yang Mahatinggi, kemudian engkau akan dikumpulkan dengan setiap para nabi. Sementara aku hanya pembantu sederhanamu. Mungkinkah kita bertemu lagi?”
Tsauban sudah merindukan nabi, bahkan saat dia belum berpisah lagi. Tsauban takut tak akan berjumpa lagi, meski saat itu masih bersama beliau! Lalu Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam mendoakan Tsauban agar masuk dan berkumpul kelak bersamanya di sorga.
23. Kecintaan Safinah  radhiallahu ‘anhu  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam

Imam Tabrani meriwayatkan daripada Safinah radhiallahu ‘anhu  katanya: Suatu ketika, Nabi shalallahu 'alaihi wasallam berbekam. Setelah itu, baginda bersabda: "Ambillah darah ini dan tanamlah supaya terhindar dari binatang, dan manusia". Lalu, aku pun menyembunyikannya dan meminumnya. Kemudian, aku memberitahu hal itu kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, maka baginda pun terseyum. (Al-Haithami dalam Majma' mengatakan bahawa rijal Al-Tabrani adalah thiqah. 8:270)
24. Kecintaan Malik ibnu Sinan  radhiallahu ‘anhu  terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Dalam Sunan Sa'id ibn Mansur melalui jalan 'Amru ibn Sa'ib disebut: "Telah sampai berita kepadanya bahawa Malik ibn Sinan radhiallahu ‘anhu   bapa Abu Sa'id al Khudri, tatkala muka Nabi shalallahu 'alaihi wasallam luka dalam peperangan Uhud, dia menghisap darah baginda shalallahu 'alaihi wasallam sampai bersih dan nampak putih bekas lukanya."
Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Muntahkan darah itu!" Malik radhiallahu ‘anhu  menjawab: "Aku tidak akan memuntahkannya selama-lamanya." Bahkan, dia menelannya.
Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa ingin melihat seorang dari ahli syurga, maka lihatlah kepada orang ini." Ternyata, dia gugur syahid dalam peperangan Uhud.
Imam Tabrani juga meriwayatkan hadis seperti itu. Antara lain, disebutkan bahawa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesiapa yang mencampurkan darahku dengan darahnya, nescaya tidak akan disentuh api neraka". (Al-Haithami mengukuhkan hadis ini dalam Majma'nya, 8:270)
25. Kecintaan Pembantu Ummu Habibah radhiallahu ‘anha terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Berkata al-Hafiz Ibnu Hajar: "Telah meriwayatkan Abdul Razzaq dari Ibnu Juraij, beliau berkata: Aku diberitahu bahwa nabi shalallahu 'alaihi wasallam pernah buang air kecil ke  sebuah wadah yang di buat dari tembikar. Kemudian, baginda meletakkannya di bawah tempat tidurnya." ketika baginda hendak mengambilnya, ternyata wadah tempat kencingnya telah kosong. Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bertanya kepada seorang perempuan yang bernama Barakah, pembantu Ummu Habibah yang datang bersamanya dari Habsyah: "Di manakah air kencing di dalam wadah itu?" Dia menjawab: "Aku telah meminumnya." Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Semoga engkau memperoleh kesehatan, wahai Ummu Yusuf!" Selepas peristiwa itu, dia tidak pernah sakit, kecuali sakit yang mengakibatkan kematiannya. (Ibnu Hajar, al-Talkhis al Habir fi Takhrij Ahadith al-Syarh al-Kabir, 2/ 32) Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Daud dan al-Nasaei secara ringkas. Berkata al Hafiz al-Suyuti: "Ibnu Abdul Bar telah menyempurnakan penulisan hadis ini di dalam al-Isti'ab."
26. Kecintaan seekor singa terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam
Setelah Nabi shalallahu 'alaihi wasallam mempunyai anak-anak perempuan, Abu Lahab menjodohkan anak-anak lelakinya dengan putri - putri nabi iaitu anak sulungnya yg bernama Utbah dijodohkan dengan Ruqaiyah , dan  keduanya Utaibah dengan Ummu Kalsum. Abu Lahab melakukan demikian karena beliau sangat sayang dengan nabi shalallahu 'alaihi wasallam Namun ketika nabi shalallahu 'alaihi wasallam dilantik menjadi nabi dan rasul akhir zaman , Abu Lahab menentangnya dengan keras dan mengarahkan kedua anak lelakinya untuk menceraikan isteri-isterinya, akhirnya mereka berdua menceraikan dua anak putri nabi di sebabkab  hati anak Abu Lahab sama hitam dengan hati bapanya .

Ketika Utaibah menghantar isterinya ke rumah nabi shalallahu 'alaihi wasallam , beliau telah mengambil kesempatan untuk menendang pinggang nabi shalallahu 'alaihi wasallam sehingga nabi terjatuh . Nabi shalallahu 'alaihi wasallam dengan penuh kesabaran bersabda:  " Wahai Utaibah sungguh engkau akan di terkam oleh  salah satu dari singa-singa Allah " Abu Lahab yg mengetahui perkara itu amat yakin dengan kata-kata anak saudaranya itu, sehingga Abu Lahab mengarahkan Utaibah tidur sewaktu perjalanannya  hendak berniaga. Utaibah diarahkan tidur di tengah-tengah rombongan. Abu Lahab berfikir sekiranya ada sekawanan singa sudah tentu mereka akan menghalang dan membunuhnya sebelum sempat singa itu menerkam anaknya, sampai dipertengahan jalan tiba -tiba keluarlah sekawanan singa dan salah satu di antara singa itu melompat lalu menerkam Utaibah yg sedang nyenyak tidur .singa itu dengan mudah dapat mematahkan leher Utaibah lalu Utaibah pun langsung mati di tempat. Singa itu tidak mengganggu ahli rombongan yg lain dan terus menghilang. (As Sunanul Al Kubro 5/211)
27. Kecintaan para sahabat radhiyallahu ‘anhum terhadap Nabi shalallahu 'alaihi wasallam

Dari  Urwah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, tatkala dulu masih kafir, dia berkata kepada kaumnya dan menceritakan bagaimana para sahabat radhiyallahu ‘anhum begitu memuliakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
فَرَجَعَ عُرْوَةُ إِلَى أَصْحَابِهِ، فَقَالَ: أَيْ قَوْمِ، وَاللَّهِ لَقَدْ وَفَدْتُ عَلَى المُلُوكِ، وَوَفَدْتُ عَلَى قَيْصَرَ، وَكِسْرَى، وَالنَّجَاشِيِّ، وَاللَّهِ إِنْ رَأَيْتُ مَلِكًا قَطُّ يُعَظِّمُهُ أَصْحَابُهُ مَا يُعَظِّمُ أَصْحَابُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُحَمَّدًا، وَاللَّهِ إِنْ تَنَخَّمَ نُخَامَةً إِلَّا وَقَعَتْ فِي كَفِّ رَجُلٍ مِنْهُمْ، فَدَلَكَ بِهَا وَجْهَهُ وَجِلْدَهُ، وَإِذَا أَمَرَهُمْ ابْتَدَرُوا أَمْرَهُ، وَإِذَا تَوَضَّأَ كَادُوا يَقْتَتِلُونَ عَلَى وَضُوئِهِ، وَإِذَا تَكَلَّمَ خَفَضُوا أَصْوَاتَهُمْ عِنْدَهُ، وَمَا يُحِدُّونَ إِلَيْهِ النَّظَرَ تَعْظِيمًا لَه
Maka 'Urwah pun kembali kepada sahabat-sahabatnya lalu berkata: "Wahai kaum, demi Allah, sungguh aku pernah menjadi utusan yang diutus mengahap raja-raja, juga Qaisar (raja Romawi) dan Kisra (raja Parsia) juga kepada raja an-Najasiy. Demi Allah, tidak pernah aku melihat seorang rajapun yang begitu diagungkan seperti para sahabat Muhamad shallallahu 'alaihi wasallam mengagungkan Muhammad. Sungguh tidaklah dia berdahak lalu mengenai telapak seorang dari mereka kecuali dia akan membasuhkan dahak itu ke wajah dan kulitnya dan jika dia memerintahkan mereka maka mereka segera berebut melaksnakannya dan apabila dia berwudhu' hampir-hampir mereka berkelahi karena memperebutkan sisa air wudhu'nya itu dan jika dia berbicara maka mereka merendahkan suara mereka (mendengarkan dengan seksama) dan tidaklah mereka mengarahkan pandangan kepadanya karena sangat menghormatinya (HR. al-Bukhari di kitab asy-Syurut, bab asy-Syurut fi al-Jihad wa al-Musholahah ma'a Ahli al-Harbi wa Kitabati asy-Syurut, no. 2731).
Oleh: ust. Abu Humairoh

Insya Allah ta'ala materi ini masih bersambung " Terpesona dengan akhlak Nabi shalallahu 'alaihi wasallam" bagian ke 2








1 komentar:

  1. HR. al-Imam Ahmad dalam al-Musnad (2/381). maksud 2/381 gimana ya? jilid/nomor hadits atau bagaimana?

    BalasHapus